Try new experience
with our app

INSTALL

I Want India You Want Indonesia 

CINTA YANG SAMA TAPI MIMPI YANG BEDA

        Nampak terdengar bunyi ringtone HP Raihan. Bunyi lagu India. Sukaesih yang lagi menyapu dan mengepel akhirnya ikut bergoyang. Karena Sukaesih punya sindrom latah India. Dengar India dikit maka goyang. Sukaesih sambil goyang sambil membangunkan Raihan. 
“Han.. ada telepon. Barangkali dari si neng India. Neng Mumbai.”
          Dadang yang lagi membaca berita lewat layar HP nya hanya geleng-geleng melihat kelakuan ibu dan anak. Sementara Raihan akhirnya terbangun. Diawali dengan sindrom latah India juga. Pantatnya yang mulai goyang-goyang ketika mendengar ringtone HP nya berbunyi. Kemudian kini matanya yang terbuka. Raihan mengambil HP nya. Ternyata itu Video Call. Nampak nama di layar Farah Khan. Dari fotonya itu adalah perempuan yang sama yang pernah pingsan di bawah kakinya. Raihan pun mengangkat video call itu. 
“Halo… gadis Mumbai… ada apa nih?”
“Kok ada apa sih.. kamu janji kan hari ini mau ketemuin dosen sastra kamu itu. Pak Jamal.”
“Oh iya ya… Eh, btw kamu cantik banget hari ini. Duuuh aku jadi merasa seperti Shah Rukh Khan nya.”
         Di sana, memang nampak Farah Khan cantik sekali. Dengan tatanan rambut curlynya. Setelan blazernya dipadu dengan kalung liontin yang indah. Farah tersipu malu tetapi tetap tidak menunjukkan itu kepada Raihan. 
“Iiiiiih apa sih lelaki gombal. Buruan mandi.”
“Mandiin dong. Eh jangan deh, berarti gue udah meninggal dong kalau dimandiin. Ya udah iya ini aku mandi. Sampai ketemu di kampus. Assalamualaikum”
Beberapa jam setelah itu… 
Gerak langkah para mahasiswa yang berjalan di koridor kampus. Di antara para mahasiswa itu ada Farah Khan dan juga Raihan. 
“Jadi kamu emang dari kecil punya mimpi jadi penulis Indonesia?”
Farah tersenyum mengangguk. 
“Dan kamu juga dari kecil punya mimpi jadi aktor Bollywood kan? Balas Farah bertanya. 
“ Iya dong… Rai Khan pasti akan bermain dengan Shah Rukh Khan. Dan Rai Khan akan menjadi salah satu aktor Bollywood di sana”
Tiba-tiba langkah Farah terhenti. Raihan pun jadi terhenti. Raihan bingung. Farah mulai berani bertanya. 
“ Kenapa harus Shah Rukh Khan? Dia kan artis lama. Kenapa tidak artis lainnya. Dan kenapa harus menjadi aktor di India? Kenapa tidak menjadi aktor di Indonesia aja”
Raihan tersenyum. Kemudian dari gayanya yang biasanya kocak. Berubah menjadi serius. 
            “ Terkadang masa kecil kita itu berpengaruh ke masa depan kita. Aku mengagumi Shah Rukh Khan dari kecil. Dia yang membuatku jatuh cinta dengan akting. Dan dia membuatku jatuh cinta dengan India.”
Farah hanya mengangguk. Kemudian ia melanjutkan jalannya. Tapi kini tangannya yang ditahan oleh Raihan. Raihan menatap mata Farah. Farah jadi kikuk. Raihan kemudian serius bertanya.
“Kalau kamu.. apa yang membuatmu ingin menjadi penulis di Indonesia? Apakah kamu jatuh cinta dengan Indonesia?” 
Farah tersenyum. Kemudian ia mengangguk pelan tapi mantap. 
         “ Iya. Nenek dari ibuku adalah orang Indonesia. Dan entah kenapa aku jatuh cinta dengan Indonesia. Mungkin karena alamnya, karena orang-orangnya hingga itu membuatku jatuh cinta dengan Indonesia.”
Farah kembali melemparkan senyum dan kemudian kembali mau berjalan. Tetapi tiba-tiba kemudian, tangannya ditahan lagi oleh Raihan. 
“Kalau aku jatuh cinta dengan kamu bagaimana, Farah?”
         Deg! Hati Farah langsung bergetar kencang. Sesungguhnya ia pun tak bisa bohong kalau ia pun jatuh cinta dengan Raihan. Cowok kocak yang selalu bisa membuatnya tertawa. Farah hanya terdiam. Harus bagaimana. Raihan yang menangkap itu lalu melanjutkan pertanyaannya. 
“ Kamu mau kan jadi pengisi hatiku yang sudah lama tidak ada penghuninya ini? Menjadi penggembira hatiku karena sudah terlalu lama kering dengan kesedihan?” 
        Farah semakin deg-degan. Tapi satu sisi ia pun senang Raihan ternyata memang benar-benar mencintai dirinya. Raihan terus menatap mata Farah. Seakan ingin meminta jawaban dari Farah. Tak lama kemudian akhirnya, Farah mengangguk pelan. Tak disangka Raihan terkejut kesenangan. Dia melompat-lompat senang. Dia berteriak kencang ke seluruh koridor kampus. 
         “Yeeeeee… akhirnya gue bisa dapat gadis India…. Bentar lagi pasti gue bisa main bareng Shah Rukh Khan.”
Raihan kesenangan. Farah tersenyum senang juga melihat Raihan. Tapi mereka tidak sadar. Meskipun mereka saling cinta. Tetapi mereka punya mimpi yang beda. Dan mimpi mereka yang beda itu bisa membuat cinta mereka menjadi masalah dan teruji. Sadarkah mereka akan hal itu?